Membuat Alur Logika Pemograman

A.      Penyajian atau Penulisan Algoritma
Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart

B.      Flowchart (Diagram Alir) 
Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika. 
Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung. Dengan menggunakan  flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu  flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek. 
Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran: 
1)      Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. 
2)      Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas. 
3)      Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.   

Berikut merupakan beberapa contoh simbol  flowchart yang disepakati olehdunia pemrograman




Pengertian Simbol Flowchart:
1.       Terminator : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatu algoritma
2.       Aliran data : Notasi ini disebut Arrow yang digunakan untuk menunjukkan arus data atau aliran data dari proses satu ke proses lainnya.
3.       Input / Output : Notasi ini disebut  Data yang digunakan untuk mewakili data input atau output  atau menyatakan operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.
4.       Proses : Notasi ini disebut  Process yang digunakan untuk mewakili suatu proses.
5.       Percabangan : Notasi ini disebut  Decision yang digunakan untuk suatu pemilihan, penyeleksian kondisi di dalam suatu program
6.       Preparation : Notasi ini digunakan untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan / pengurangan bagi suatu variable counter.
7.       Predefined Process / Call : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan suatu operasi yang rinciannya ditunjukkan ditempat lain (prosedur, sub-prosedur, fungsi)
8.       Connector  : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan sambungan dari  flowchart  yang terputus di halaman yang sama atau halaman berikutnya.

9.       Off page Connector : Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda  




Contoh Flowchart :
Problem: Menghitung luas persegi panjang 
Algoritma:
Masukkan panjang (p)
Masukkan lebar (l)
Hitung luas (L), yaitu panjang kali lebar
Cetak luas (L)   
Algoritma Pemrograman :
<?php
$panjang =6;
$lebar =5;
$luas= $panjang*$lebar;
echo "Jadi Luas Persegi Panjang adalah . $luas";
?>  


A.      Struktur Dasar Algoritma   
Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi (sequence), pemilihan aksi (selection), pengulangan aksi (iteration) atau kombinasi dari ketiganya. Jadi struktur dasar pembangunan algoritma ada tiga, yaitu: 
1)      Struktur Runtunan / Beruntun :   Digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau urutan. 
2)      Struktur Pemilihan / Percabangan :  Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi. 
3)      Struktur Perulangan :  Digunakan untuk program yang pernyataannya akan dieksekusi berulang-ulang.


  1.  Ada tiga struktur dasar yang digunakan dalam membuat algoritma yaitu struktur  berurutan  (sequencing), struktur pemilihan/keputusan/percabangan (branching) dan struktur pengulangan      (looping).  Sebuah              algoritma             biasanya              akan menggabungkan ketiga buah struktur ini untuk menyelesaikan masalah. Pada bagian ini kita akan bahas lebih dulu struktur algoritma berurutan.   Struktur berurutan dapat kita samakan dengan mobil yang sedang berjalan pada jalur lurus  yang tidak terdapat persimpangan  seperti tampak pada Gambar disamping Mobil tersebut akan melewati kilometer demi kilometer jalan sampai tujuan Algoritma Runtunan tercapai.



Gambar 4. Struktur berurutan terdiri satu atau lebih instruksi.
Tiap instruksi dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisannya, yaitu sebuah instruksi dieksekusi setelah instruksi sebelumnya selesai dieksekusi.   Urutan instruksi menentukan keadaan akhir dari algoritma. Bila urutannya diubah, maka hasil akhirnya mungkin juga berubah.  Menurut Goldshlager dan Lister (1988) struktur berurutan mengikuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut:  
a.       tiap instruksi dikerjakan satu persatu 
b.      tiap instruksi dilaksanakan tepat sekali, tidak ada yang diulang 
c.       urutan instruksi yang dilaksanakan pemroses sama dengan urutan aksi sebagaimana yang tertulis di dalam algoritmanya 
d.      akhir dari instruksi terakhir merupakan akhir algoritma.  

2. Struktur Algoritma Percabangan  
Sebuah program tidak selamanya akan berjalan dengan mengikuti struktur berurutan, kadang-kadang kita perlu merubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat ke baris tertentu. Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan/pemilihan atau keputusan.
  

Gambar 5. Algoritma Percabangan
      Pada struktur  percabangan,  program akan berpindah urutan pelaksanaan jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi.   Pada proses seperti ini  simbol  flowchart  Decision  harus digunakan. Simbol decision akan berisi pernyataan yang akan diuji kebenarannya.  Nilai hasil pengujian akan menentukan cabang mana yang akan ditempuh.  

3.        Struktur Algoritma Perulangan / Pengulangan  



                Dalam banyak kasus seringkali kita dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus                             diulang berkali.Salah satu contoh yang gampang kita jumpai adalah balapan mobil seperti                   tampak pada gambar ini Mobil-mobil peserta harus mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali                  sesuai yang ditetapkan dalam aturan lomba. Siapa yang mencapai garis akhir paling cepat,                 dialah yang menang.

Gambar 6. Algoritma Perulangan     

Struktur pengulangan terdiri dari dua bagian : 
1.    Kondisi pengulangan, yaitu syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan.  Syarat ini biasanya dinyatakan dalam ekspresi Boolean yang harus diuji apakah bernilai benar (true) atau salah (false) 
2.    Badan pengulangan (loop body), yaitu satu atau lebih instruksi yang akan    diulang.
Pada struktur pengulangan, biasanya juga disertai bagian inisialisasi dan bagian terminasi. Inisialisasi adalah instruksi yang dilakukan sebelum pengulangan dilakukan pertama kali. Bagian insialisasi umumnya digunakan untuk memberi nilai awal sebuah variable.  Sedangkan terminasi adalah instruksi yang dilakukan setelah pengulangan selesai dilaksanakan. Ada beberapa bentuk pengulangan yang dapat digunakan, masing-masing dengan syarat dan karakteristik tersendiri.  Beberapa bentuk dapat dipakai untuk kasus yang sama, namun ada bentuk yang hanya cocok untuk kasus tertentu saja.  Pemilihan bentuk pengulangan untuk masalah tertentu dapat mempengaruhi kebenaran algoritma.  Pemilihan bentuk pengulangan yang tepat bergantung pada masalah yang akan diprogram. 
a.      Struktur pengulangan dengan For 
Pengulangan dengan menggunakan For, merupakan salah teknik pengulangan yang paling tua dalam bahasa pemrograman.   Hampir semua bahasa pemrograman menyediakan metode ini, meskipun sintaksnya mungkin berbeda.  Pada struktur For kita harus tahu terlebih dahulu seberapa banyak badan loop akan diulang.  Struktur ini menggunakan sebuah variable yang biasa disebut sebagai  loops counter, yang nilainya akan naik atau turun selama proses pengulangan.   
Contoh  : 
Diketahui sebuah himpunan A yang beranggotakan bilangan 1, 3, 5, .., 19. 
Buatlah flowchart untuk mencetak anggota himpunan tersebut. 
Penyelesaian: 
Pada  contoh ini,  kita mencoba menentukan hasil dari sebuah  flowchart .  Bagaimana menurut kalian jawabannya?  Marilah kita uraikan jalannya fowchart tersebut. Pada  flowchart, setelah Start, kita meletakkan satu proses yang berisi pernyataan A = 1.  Bagian inilah yang disebut  inisialisasi .  Kita memberi nilai awal untuk A = 1.  Variabel  counter-nya adalah X dengan nilai awal 1 dan nilai akhir 10, tanpa increment  (atau secara default increment-nya adalah 1).  Ketika masuk ke badan  loop untuk pertama kali maka akan dicetak langsung nilai variabel A.  Nilai variabel A masih sama dengan 1.  Kemudian proses berikutnya adalah pernyataan A = A + 2.  Pernyataan ini mungkin agak aneh, tapi ini adalah sesuatu yang pemrograman.  Arti dari pernyataan ini adalah gantilah nilai A yang lama dengan hasil penjumlah nilai A lama ditambah 2.  Sehingga A akan bernilai 3.  Kemudian dilakukan pengulangan yang ke-dua.  Pada kondisi ini nilai A adalah 3, sehingga yang tercetak oleh perintah print adalah 3.  Baru kemudian nilai A kita ganti dengan penjumlahan A + 2.  Nilai A baru adalah 5.  Demikian seterusnya.  Sehingga output dari  flowchart ini adalah 1,3, 5, 7, .., 19. 


a.      Struktur pengulangan dengan While  
Pada  pengulangan dengan  For,  banyaknya pengulangan diketahui dengan pasti karena nilai awal (start) dan nilai akhir (end) sudah ditentukan diawal pengulangan.   Bagaimana jika kita tidak tahu pasti harus berapa kali mengulang?  Pengulangan dengan  While  merupakan jawaban dari permasalahan ini.  Seperti halnya  For, struktur pengulangan dengan  While juga merupakan struktur yang didukung oleh  hampir semua bahasa pemrograman namun dengan sintaks yang berbeda.
Struktur  While akan mengulang pernyataan pada badan loop sepanjang kodisi pada While bernilai benar.  Dalam artian kita tidak perlu tahu pasti berapa kali diulang. Yang penting sepanjang kondisi pada  While dipenuhi maka pernyataan pada badan loop akan diulang.   
Penyelesaian: Perhatikan Gambar 5.20.   bisakah kalian menentukan hasil dari  flowchart tersebut?  Perhatikan tahapan eksekusi  flowchart berikut ini. 
1.    Pada  flowchart ini  ada dua variabel yang kita gunakan yaitu A dan B.  Kedua variabel  tersebut kita inisialisasi nilai awalnya  (A = 1 dan B = 0)  sebelum proses loop terjadi. Variabel A adalah variabel counter.
2.    Pada simbol decision, nilai A akan diperiksa apakah memenuhi kondisi (< 10). Jika Ya maka perintah berikutnya dieksekusi, jika tidak maka program akan berhenti. Pada awal eksekusi ini kondisi akan terpenuhi karena nilai A= 1.   
3.    Jalankan perintah Print B.   
4.    Nilai variabel A kemudian diganti dengan nilai A lama (1) ditambah 2. Sehingga nilai variabel A baru adalah 3.  Sedangkan nilai variabel B = 9 (hasil perkalian A = 3).
Program akan berputar kembali untuk memeriksa apakah nilai variabel A masih lebih kecil dari 10.  Pada kondisi ini nilai A = 3, sehingga kondisi masih terpenuhi.   Kemudian langkah berulang ke langkah ke 3.  Begitu seterusnya sampai nilai variabel A tidak lagi memenuhi syarat kurang dari 10.


Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Unknown
admin
June 6, 2020 at 6:41 PM ×

Sangat bermanfaat,jazakillahu bi khoir

Reply
avatar
Unknown
admin
June 6, 2020 at 6:42 PM ×

Sangat bermanfaat,jazakillahu bi khoir

Reply
avatar
Unknown
admin
June 6, 2020 at 6:42 PM ×

Sangat bermanfaat,jazakillahu bi khoir

Reply
avatar
Thanks for your comment