Prosesor Register Siklus Instruksi (Fetching, Decoding dan excuting)


SIKLUS MESIN
Langkah-langkah yang dilakukan oleh prosesor komputer untuk setiap instruksi Bahasa mesin yang diterima. Siklus mesin adalah proses siklus 4 yang meliputi :
1. Fetch
Mendapatkan instruksi dari Main Memory, Instruksi berikutnya diambil dari alamat memori yang tersimpan saat ini dalam Kontra Program (PC), dan disimpan dalam Instruksi mendaftar (IR). Pada akhir operasi fetch, poin PC ke instruksi berikutnya yang akan dibaca pada siklus berikutnya.
2. Decode
menerjemahkannya ke dalam perintah komputer, Decode menafsirkan instruksi.Selama siklus ini instruksi di dalam IR (instruksi pendaftaran) akan diterjemahkan.
3. Execute
Sebenarnya proses perintah, Fase eksekusi akan di pulsa clock berikutnya. Jika instruksi memiliki alamat tidak langsung , alamat efektif dibaca dari memori utama, dan setiap data yang dibutuhkan diambil dari memori utama untuk diolah dan kemudian ditempatkan ke dalam register data (Jam Pulse: T 3). Jika instruksi ini langsung, tidak ada yang dilakukan pada pulsa clock. Jika ini adalah instruksi I / O atau instruksi Register, operasi dilakukan (dijalankan) di Pulse jam.
Store
menulis hasilnya ke Memori Utama
1. Fetch . Decode . Execute. Store
Sebuah siklus instruksi (juga disebut mengambil-decode-execute siklus, dan FDX) adalah periode waktu di mana komputer proses sebuah mesin bahasa instruksi dari perusahaan memori atau urutan tindakan bahwa unit pengolahan pusat ( CPU) melakukan untuk menjalankan setiap kode mesin instruksi dalam sebuah program. siklus tidak pernah digunakan pada CPU. Nama mengambil dan execute siklus yang umum digunakan. from instruksi harus diambil dari memori utama , dan kemudian dieksekusi oleh CPU. Ini pada dasarnya bagaimana komputer beroperasi, dengan CPU yang membaca dan melaksanakan serangkaian instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin-nya. Dari ini muncul semua fungsi dari sebuah komputer dikenal dari ujung pengguna.Setiap CPU komputer dapat memiliki siklus yang berbeda berdasarkan set instruksi
yang berbeda.

· Mengambil instruksi
CPU menyajikan nilai dari program counter (PC) di bus alamat. CPU kemudian menjemput instruksi dari memori utama melalui bus data ke memori dari MDR tersebut kemudian ditempatkan ke dalam register instruksi saat ini (CIR), sebuah sirkuit yang menyimpan instruksi sementara sehingga dapat diterjemahkan dan dieksekusi.

· Decode instruksi
Decoder instruksi menafsirkan dan mengimplementasikan instruksi. memegang instruksi saat ini, sementara program counter (PC) memiliki alamat dalam memori dari instruksi berikutnya akan dieksekusi.

· Ambil data dari memori utama
Baca alamat efektif dari memori utama jika instruksi memiliki alamat tidak langsung Fetch diperlukan data dari memori utama untuk diproses dan tempat ke dalam register data.

· Jalankan instruksi
Dari daftar instruksi, data yang membentuk instruksi ini diterjemahkan oleh unit kontrol . Kemudian melewati informasi dekode sebagai urutan sinyal kontrol ke unit fungsi yang relevan dari CPU untuk melakukan tindakan yang dibutuhkan oleh instruksi seperti membaca nilai dari register, melewati mereka ke unit aritmatika logika (ALU) untuk menambahkan mereka bersama-sama dan menulis hasilnya kembali ke register. Sebuah kondisi sinyal dikirim kembali ke unit kontrol oleh ALU jika terlibat.

· Toko Hasil
Juga disebut menulis kembali ke memori. Hasil yang dihasilkan oleh operasi disimpan dalam memori utama, atau dikirim ke perangkat output. Berdasarkan kondisi umpan balik dari ALU, PC sedang bertambah baik ke alamat instruksi berikutnya atau diperbarui ke alamat yang berbeda di mana instruksi berikutnya akan diambil. siklus tersebut kemudian diulang.

· Siklus Fetch
Langkah 1 dan 2 dari Siklus Instruksi disebut Siklus Fetch.. Langkah-langkah yang sama untuk setiap instruksi.. Proses siklus ini mengambil instruksi dari kata instruksi yang berisi opcode dan operan sebuah.

· Siklus Execute
Langkah 3 dan 4 dari Siklus Instruksi merupakan bagian dari Siklus Execute.Langkah-langkah ini akan berubah dengan setiap instruksi.Langkah pertama dari siklus eksekusi adalah Proses-Memori. Data ditransfer antaraCPU dan I / O modul.. Berikutnya adalah Data-Pengolahan menggunakan operasi matematika serta operasi logis dalam referensi data. Central perubahan adalah langkah berikutnya, adalah sebuah urutan operasi, misalnya operasi melompat.Langkah terakhir adalah sebuah operasi gabungan dari semua langkah lainnya.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Thanks for your comment